Saturday, December 3, 2011

Mengatasi Virus Merah Jambu


VMJ - Dari ensiklopedia DKM Ar-Rahmah

Definisi

            VMJ (En:vi-em-je. Id:vi-em-ji) adalah nama dari sebuah virus yang menyerang akhlak manusia, umumnya menyerang kaum remaja. Kaum lelaki cenderung lebih rentan terinfeksi virus ini. Gejala umum bila seseorang terinfeksi virus ini adalah terjadinya hubungan ikhwan dan akhwat yang bukan mukhrimnya yang melewati batas.
            Virus yang meresahkan masyarakat dan remaja ini sering dianggap remeh walaupun sangat berbahaya jika menginfeksi manusia. Virus jenis ini pertama kali diidentifikasi pada tahun 2008, saat remaja-remaja nusantara bergejolak semangatnya dalam berdakwah dan mencapai puncak semangatnya.

Penyebab

            Berikut adalah penyebab-peyebab inveksi VMJ:

-          Longgarnya regulasi atau tata nilai tidak tertulis terkait hubungan ikhwan dan akhwat. VMJ dapat menyebar dan menginveksi dengan cepat di daerah perkotaan, karena biasanya tata nilainya cenderung lebih bebas. Untuk di daerah biasanya lebih sedikit karena tata nilai hubungan ikhwan dan akhwat lebih ketat.

-          Lemahnya ukhuwah diantara sesame jenis. VMJ juga biasa menyerang orang yang kekurangan perhatian dari sesame gender. Hal ini membuat orang tersebut mencari perhatian ke gender yang berbeda.

Tingkatan

            Di Ar-Rahmah research center kami membagi infeksi VMJ menjadi 3 jenis menurut tingkat keparahannya:

Tingkat 1

Tingkatan ini merupakan tingkatan yang paling rendah keparahannya, mengandung gejala awal infeksi VMJ. Parameter untuk tingkatan ini pertama kali didefinisikan oleh Dyah Ayu dari departemen RT pada tahun 2010. Pada dasarnya, tingkatan ini adalah dimana seseorang memikirkan orang yang disukainya secara berlebihan, dan melakukan banyak hal demi orang yang disukainya tersebut, bukan karena Allah. Kriteria  yang kedua ini termasuk kedalam perbuatan riya tingkat rendah.

 Tingkat 2

            Tingkatan  ini lebih parah daripada tingkatan yang pertama. Parameter untuk tingkatan ini pertama kali dedifinisikan oleh Luqmannul Hakim dari departemen yang sama di tahun yang sama. Di tingkatan ini dikriteriakan dimana virus ini tidak hanya menginveksi seorang individu saja, tetapi sudah menginveksi dua orang individu. VMJ membuat dua orang tersebut hidup sebagai pasangan yang tidak halal. Di tingkatan ini gejala inveksi VMJ paling mudah dilihat.

Tingkat 3

            Ini merupakan tingkatan terparah dari inveksi VMJ. Di tingkataan ini VMJ juga menginveksi dua orang. Parameter tingkatan ini pertama kali didefinisikan oleh Fathina Izmi dari departemen TI di tahun yang sama. Di tingkatan ini dikriteriakan dua orang yang terinveksi tersebut sudah melakukan beberapa maksiat antar sesamanya. Di tingkatan ini orang yang terinveksi tersebut sudah di ambang kematian.

Pendekatan solusi
Metode pendekatan solusi yang dilakukan pada dasarnya ada 5 hal, yakni dengan ;
  1. Diskusi rutin ( tidak terjadwal, tapi memiliki alur, untuk menyadarkan tanpa menghakimi )
  2. Pembebanan amanah lebih agar ia lebih fokus pada kegiatan ketimbang urusan hatinya dengan lawan jenis
  3. Menegaskan regulasi atau tata nilai
  4. Mengingatkan melalui mentor yang bersangkutan
  5. Membiarkan saja, akan tetapi tetap pastikan ia dalam lingkungan dakwah, selama ia masih dalam lingkungan dakwah ia akan lebih terjaga, dan mendoakan agar suatu hari sadar
  6. Melakukan pertemuan internal ikhwan atau akhwat secara kontinuitas untuk mengontrol aktivitas dakwah dan nafsiyyah para aktivis dakwah.
    Mengesampingkan diskusi-diskusi berbau cinta, dan mengedepankan diskusi-diskusi masalah ummat.
  7. Ya mungkin cara efektif lainnya adalah menambah kegiatan dakwah, ibadah termasuk shaum sunnah. Ini sesuai tuntunan nabi. Kita boleh menyukai lawan jenis, tapi tetap dalam koridor syar’i artinya tidak melakukan aktivitas pacaran yang terkategori HARAM.

Kesemua pendekatan solusi ini sebisa mungkin dilalukan oleh satu orang saja tidak perlu beramai-ramai, jika perlu virus ini tidak disebarluaskan untuk kepentingan menjaga perasaan saudara kita. 

Menjalankan dengan sabar
Menyelesaikan virus ini butuh kesabaran yang besar, waktu yang diperlukan bisa lama bisa sebentar, tergantung sejauh mana kadar virus dan usaha kita untuk setia menemani saudara kita. Dalam proses penyembuhan virus ini, Anda juga tidak boleh menjustifikasi kader ketika diskusi, biarkan ia menyampaikan pendapatnya dan keluhannya, tunjukkan tekad kita bahwa kita bisa menjadi tempat berbagi, yakinlah pula bahwa jodoh selalu ada bagi kita. Meyakinkan dengan pendekatan emosional. Buat ia terbuka, buat ia bercerita, buat ia bisa nyaman dengan kader sesama gender.
Memang pada dasarnya tidak ada prosedur atau rumus baku untuk menyelesaikan virus ini, akan tetapi tips yang telah diberikan bisa dijadikan sebuah pegangan untuk menentukan langkah teknis untuk menyelesaikan virus ini. 

0 comments: